Artikel di : Home» » Tips Merawat laptop

Tips Merawat laptop


Laptop adalah sebuah perangkat yang rentan rusak.sebagai pengguna,sudah menjadi tugas kita untuk merawatnya.ada beberapa tip untuk merawat dan menggunakan laptop.
1. Jangan menaruh laptop dekat minuman
Untuk mengurangi kemungkinan tersenggol atau tindakan ceroboh lainnya,ketika menggunakan laptop jangan menaruhnya di dekat minuman ataupun segala macam cairan.karena jika air tersebut tumpah dan masuk ke dalam laptop dapat menyebabkan konsleting yang bisa mengakibatkan laptop rusak.jika hal ini sampai terjadi cepat cepatlah cabut adaptor dan lepaskan baterai,bongkar laptop lalu diamkan hingga kering.


2. Jangan menaruh laptop dekat handphone
Peralatan elektronik seperti handphone,televisi,atau speaker aktif mengeluarkan medan magnet.medan magnet ini akan mempengaruhi kerja komponen laptop terutama harddisk.untuk melindungi data yang ada di dalamnya,jangan menaruh laptop berdekatan dengan sumber magnet tersebut.seandainya anda ingin menggunakan handphone untuk mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah,Bluetooth,atau kabel data,letakkan handphone agak jauh,sekitar 15-20 cm dari laptop.
3. Jangan menaruh laptop di tempat yang panas
Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop.jangan sekali kali menaruhnya di tempat yang panas seperti meninggalkannya di mobil dengan tempat parker yang panas.
4. Jangan menaruh laptop di permukaan yang terlalu empuk
Permukaan yang empuk seperti bantal atau kasur dapat menghambat udara panas ini tidak bisa keluar karena terhambat atau tertutup kasur,laptop akan menjadi terlalu panas (overheating)dan mempunyai kemungkinan untuk rusak.
5. Jangan menaruh laptop di lantai
Jika menaruhnya di lantai,selain cepat kotor oleh debu,resiko laptop terinjak kaki juga sangat besar.anak kecil atau binatang perilahaan anda bisa saja merusak bagian bagian tertentu dari laptop.anda boleh saja meletakkannya di lantai akan tetapi harus berhati hati dan harus dalam pengawasan kita.
6. Jangan menaruh benda apapun di antara keyboard dan layer laptop
Mulai sekarang,coba hilangkan kebiasaan meletakkan kertas atau benda lain di atas keyboard laptop.hal ini sangat berbahaya,resiko layer tergores menjadi besar.
7. Jangan menaruh beban berat di atas laptop
Menaruh buku yang berat di atas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layer LCD secara permanent.hindari menaruh buku atau barang lain yang memberikan tekanan pada laptop.
8. Jangan membiasakan membawa/memindahkan laptop dengan kondisi hidup.
Jangan membisakan membawa/memindahkan laptop dengan kondisi masih hidup.mungkin awalnya tidak apa apa,tetapi guncangan akibat terlalu sering memindahkan laptop dengan kondisi menyala dapat menyebabkan kerusakan harddisk.guncangan membuat head harddisk memiliki kemungkinan menggores cylinder harddisk.
9. Jangan membawa laptop di dalam tas yang penuh berisi barang barang.
Sebisa mungkin hindari memaksa laptop masuk ke dalam tas yang penuh.laptop yang terkena tekenan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop dan rusaknya layar LCD.guunakan tas khusus laptop dan taruh terpisah dari tas barang barang lainnya.tas laptop dibuat sedemikian rupa untuk meredam guncangan guncangan kecil dan kemungkinan goresan dari benda di sekitarnya.
10. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang
Laptop sifatnya personal.dengan alas an keamanan data,jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang.selalu ada kemungkinan data hilang baik itu sengaja atau tidak sengaja.jika memang anda perlu meminjamkannya,buatlah user account baru dan beri password.

Ahh….sampe sini aja ya…..masih banyak sih tips yang laen……udah capek ni..
Hahahahah……..semoga tips ni berguna …




Artikel Terkait:

5 komentar

  1. walau belum make laptop tapi infonya berguna banget, soale kemarin ada orang yang gw liat sayang banget ama laptopnya sampe2 daripada ditaruh mending dipangku tuh laptop.

    BalasHapus
  2. nah, ini yg kucari...
    anakku suka maen laptop di kasur.

    makasih tips nya.

    BalasHapus
  3. okeh nih tips nyah, ijin kopi yah...sebelumnya thx.

    BalasHapus
  4. Makasih banget tipsnya.
    @green earth:
    Sama, aku juga suka maen laptop di kasur

    BalasHapus
  5. aku mau nanya, gimana dengan power buat laptop, di laptopq sering muncul "please switch your power to ......"
    yg intinya suruh ganti dari batre ke listrik doank, tapi kata temenku ga boleh ya, pake laptop, batrenya dilepas trus cma pake listrik doang? repp pliss.... tq.

    BalasHapus

Posts a comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 
© Gula Gula Blog
Designed by Taruna Pratama Fitra
Back to top